Tuesday, February 6, 2018

Habits is created

*Tausiyah Senja*

*Membentuk Kebiasaan Hidup Positif*

Assalamu'alaikum

Saudaraku seiman, Perlu kita pahami bahwa keadaan kita saat ini adalah bagian dari hasil dari proses kebiasaan pada masa lalu.

Kebiasaan positif yang dibentuk pada masa lalu akan berdampak positif pada kehidupan saat ini dan akan menjadi pendukung kesuksesan dimasa depan.

Kebiasaan hidup yang positif akan membantu kita dalam menjalani proses kehidupan yang lebih baik. Apalagi dengan tantangan hidup yang cukup berat maka mutlak dibutuhkan revolusi mental yang konfrehensif.

Hal yang demikian itu dimulai dari kebiasaan hidup yang positif, bila tidak maka akan mengakibatkan sulitnya diri meraih perubahan.
Habit atau kebiasaan dapat terbentuk dengan praktek (practice) dan pengulangan (repeate) yang dilakukan secara terus menerus hingga akan membentuk menjadi suatu kebiasaan.

Kebiasaan yang baik ataupun buruk akan melekat didalam diri seseorang. Kebiasaan yang baik ataupun yang buruk itu akan terbawa kapan saja dan dimana saja, bahkan hingga detik - detik ajal kematian tiba.

Mari kita terus berusaha untuk merubah kebiasaan buruk dengan kebiasaan yang baik meskipun sekedar1 % tetapi dilakukan setiap hari. Salah satu kebiasaan positif seorang muslim adalah disiplin terhadap waktu terutama waktu shalat fardhu tepat pada waktunya dan berjama'ah dimesjid.

Rasulullah SAW bersabda, "Bertaqwalah kepada Allah dimana saja kamu berada. Ikutilah setiap perbuatan buruk dengan perbuatan baik karena perbuatan baik itu akan menghapuskan keburukan". (HR.Tirmidzi). 

Wallahu a’lam

By : Tommy Abdillah

No comments:

Post a Comment