Thursday, March 1, 2018

Move Up

#YukHijrah

Assalamu'alaykum warahmatullahi wabarakatuh 😊

Pernah dengar kumpulan surat Bu Kartini yang diberi judul
"Habis Gelap Terbitlah Terang"?

Jika diterjemahkan ke dalam bahasa Arab, maka berbunyi
"Minaz zulumaati ilan nuur"

14 abad yg lalu ternyata kalimat ini sudah ada loh, yg terucap dari lisan mulia Nabi saw. berupa firman Allah SWT dalam surat al-Hadid [57]: 9, yang artinya,

"Dialah yang menurunkan kepada hamba-Nya ayat-ayat yang terang (Al-Quran) supaya Dia mengeluarkan kamu dari kegelapan kepada cahaya. Dan sesungguhnya Allah benar-benar Maha Penyantun lagi Maha Penyayang terhadapmu."

Inilah yg disebut proses berhijrah, dari kondisi kegelapan menuju kondisi terang-benderang.

Seperti apakah kondisi kegelapan? Itu adalah kondisi dimana kita jauh dari kebaikan, jauh dari amal sholeh, bahkan jauh dari Allah SWT.

Setiap hari kerjaannya buang-buang waktu untuk hal yg tidak bermanfaat, bahkan maksiat baik sembunyi-sembunyi maupun terang-terangan.

Ketika berhijrah, maka artinya kita berpindah dari kegelapan menuju cahaya. Cahaya apa yg dimaksud?

Tentunya cahaya Islam yg terang benderang. Cahaya yg meninggikan derajat hamba di sisi-Nya. Cahaya yang memuliakan pandangan, pikiran, dan tingkah laku orang yg terkena kilauannya.

Sobat #TemanSurga. Akhir-akhir ini, masya Allah, banyak berita menggembirakan tentang fenomena hijrah. Misalnya banyak artis muslimah yg berlomba-lomba menutup aurat, sementara artis muslim banyak yg mulai meninggalkan kehidupan selebritas menuju kehidupan yg Islami.

Ini adalah hal yg patut disyukuri, sembari terus memperbaiki diri.

Tentu saja, bagi kita juga selaku remaja dan pemuda jangan kalah dengan mereka.

Para remaja dan pemuda yg masih asyik pacaran, #YukHijrah! Putusin atau halalin. Berani?

Para remaja dan pemuda yg senengnya dugem dan mabok, #YukHijrah! Sebagaimana hijrahnya para sahabat yg membuang khamr ketika turun larangan sekalipun gelas sudah menempel di bibirnya.

Para remaja dan pemuda yg masih asyik dengan kehidupan bersantai-santai, #YukHijrah! Jadi seorang yg produktif, berkarya, dan bermanfaat bagi umat dan negara.

No comments:

Post a Comment